22
Mar
08

Biaya PPDS Mata … UI vs UNPAD vs UNBRAW

Saya memang belum diterima di salah satu universitas terkemuka ini. Namun ini ada sedikit gambaran taksiran perkiraan biaya yang saya dapat dari teman-teman baik saya. Mereka sudah menjalani selama 1 tahun pendidikan spesialis.

FKUI

1. Uang sumbangan untuk universitas : – tidak ada –

2. Uang sumbangan bagian Mata : 25 juta sudah ketetapan dari UI ( bukan atas hasil nego ), semua sama pra PTT n Pasca PTT. 1 tahun yang lalu masih bisa diangsur, 5-8 juta per semester. Namun setelah program yang baru “double degree” ( Sp. Mata + M.Kes ), 25 juta harus dibayar dimuka !!! Tak ada tawar menawar !

3. SPP reguler per semester : 3 juta, Pra PTT n Pasca PTT.

Tidak ada yang extension ( 15 juta per semester ) seperti dibagian ObsGyn, IKA, atau IPD.

4. Gossip : dapat beasiswa < 1 juta per bulan dari PT. Cendo. Tapiii … kenyataannya, belum tentu loe dapet dalam 3 bulan, itupun ga sesuai jumlahnya dengan yang dinyatakan ( katanya lho ). Yaahh … walopun demikian, masih lumayanlah buat nambah2 ongkos bensin ke RSCM.

FK UNPAD

1. Uang sumbangan universitas : Pasca PTT 5 juta, Pra PTT 10 juta.

2. Uang sumbangan bagian Mata : 15 juta.

3. SPP reguler per semester : 3 juta.

4. Beasiswa dari PT. Cendo : – tidak ada –  😦

FK UNBRAW

1. Uang sumbangan universitas : – ga tau –

2. Uang sumbangan bagian Mata : Nego !!! Ada yang 40, 60 .. rekor tertinggi 100jt 😯

3. SPP reguler per semester : 3 juta

4. Gossip asyiknya : Beasiswa PT. Cendo 1 juta per bulan.   😀

Sekian aja. Kalo ada yang mau kasih masukan silahkan. Atau malah mau mengkoreksi karena lebih “tau”, silahkan … saya butuh itu.  :mrgreen:

NB : Oya … oya, ada lagi gossip yang katanya lebih murah untuk sekolah.

FK UNAIR

SPP reguler untuk sekolahnya aja katanya : 1,5 juta.

Iniii … baru program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa !!! :mrgreen:

* dijitak *

Iklan

22 Responses to “Biaya PPDS Mata … UI vs UNPAD vs UNBRAW”


  1. Maret 23, 2008 pukul 8:40 am

    Gimana kalo kedokteran hewan ajah. Biaya lebih terjangkau dan gak takut malpraktek. :mrgreen:

    # Hehehe … dah terlanjur nyemplung disini sih, gimana donk ?! 😉 #

  2. Maret 25, 2008 pukul 5:04 am

    waahh.. mau jadi ibu dokter yaah???

    klo dah jadi ibu dokter kabar2in yahh,,,, :mrgreen:

    # Alhamdulillah sudah 🙂 #

  3. 3 Dr Putra
    April 5, 2008 pukul 5:02 am

    Ass Meity..moga2 gw ga salah orang kalo lu tu temen gw waktu atls..n lagi sama2 berjuang untuk ppds mata..
    well..jgn plin-plan dong bu.. 🙂 pilih yang terbaik..n mantepin pilihan lu ok..gudluck

    * Yup, bener kok. Ini temen loe di ATLS yang senengannya pake baju tebeeeel mulu.
    Iya nih, sekarang sudah menetapkan pilihan kok ( walopun pake acara semedi n nangis 2 hari hehehe ). Mudah2an ini yang terbaik. Insya ALLAH.

  4. Mei 7, 2008 pukul 6:58 am

    PPDS mata makassar
    spp 10 juta/smstr.
    uang cendo 500/bln
    uang kerelaan masuk : 20 jt
    dgn akreditasi c. mau ditingkatkan dgn spp yg mahal

    ini baruuu sekolah
    hore

  5. Mei 25, 2008 pukul 3:20 pm

    Halo…temen2 py informasi ppds mata di unsri nggak? Mengenai tes masuknya apa sj, juga biayanya…

  6. Juni 11, 2008 pukul 1:13 pm

    Ass….
    salam kenal! 🙂 cuman mau kasi info ktax ppds mata unibraw sekarang permintaan bag 20 juta. Sama mau tax ada yang tau ga akreditasix mata unibraw apa yah? Beneran tuh ada sumbangan sukarelax pake nego yah?! wah… jadi kawatir hehe

    * mmm … saya ga bisa komentar panjang lebar. Dulu pun saya bahkan dapat data yang sama, hitam diatas putihnya. Saran saya … mendingan nanya langsung ama yang udah di ‘dalem’ deh. Insya Allah dapat data yang lebih akurat . Maaf, tapi jaman sekarang mah jangan percaya ama ‘tulisan’ semata … termasuk ( mungkin ) tulisan saya hehehehe *

  7. 7 tai.4y4m.
    Desember 1, 2008 pukul 3:04 am

    katanya ada bantuan biaya kuliah dari dekes. melalui program PPDS-BK.
    gmn dengan ini. apa udah pada ikitan y???
    ato malah udah pada kuliah
    .nih, gua ikut nimbrung juga moga aja temen – temen menerima

  8. 8 ririe
    Desember 4, 2008 pukul 7:49 am

    hai tmen2.. ada info tentang ppds kulkel unair gk? t’utama tes masuk yg diutamakan hasil tes or rekomendasinya, trus ama biayanya jg..thanks..:)

  9. 9 dr. susilo
    Desember 20, 2008 pukul 3:54 am

    salam buat dokter faisal aj.

  10. 10 dr. susilo
    Desember 20, 2008 pukul 3:58 am

    hai, meit mana artikel barunya…
    kok nda ada perubahan.
    apa nga ada ide lagi.
    coba artikel tentang kegiatan ilmiah yg lo ikutin.. trus muat deh di blog ini
    pasti seru??
    ato kalo butuh bantuan aku siap kok ?

  11. 11 theo
    Januari 17, 2009 pukul 7:54 am

    tlg info ppds interna ui n unair?ujian,syarat2,biaya dll…makash (theo-solow)

  12. 12 Luluch
    Januari 18, 2009 pukul 4:03 am

    Buat Dee,mu ksi info aj,temenku br masuk Anak Unibraw Jan 2009 ini,ngomongnya sih dia 150jt [minimal, sesuai dgn yg tercantum,tanpa ngisi sumbangan tambahan]

  13. 13 Luluch
    Januari 18, 2009 pukul 4:06 am

    Theo,lo Didit UNS 01 ya?bwt info pendaftaran Interna Unair,call me bro. klo Interna UI, kan ada Ai, Bona n Ratih.tanya aj lgs ke mereka.wokeh

  14. 14 wawan
    Januari 19, 2009 pukul 1:05 am

    buat info aja.. kalo anak di UNS Solo mintanya 150 juta, per semester sekitar 8 jutaan. program doble degree.
    tolong info di USU donk… thanks.

  15. 15 ale13
    Januari 20, 2009 pukul 6:46 am

    luluch, kmu ud jd interna unair?

  16. April 8, 2009 pukul 6:39 am

    lam kenal bu meita…tlg ksh info cardiologi fk ugm tentang biaya n kisaran soal2nya bu..thanks kirim blsn kesini ya..donn800@yahoo.com

  17. Maret 29, 2010 pukul 8:34 am

    dr Rosari
    tuk penyakit dalam ui testnya apa aja? beasiswa tubel bk depkes masih ada ga ya?
    makasih

  18. Desember 8, 2012 pukul 4:42 am

    Pendaftaran spesialis unbraw periode januari 2013, bukanya tanggal berapa ya? Thank u..

  19. 19 emi
    Oktober 11, 2013 pukul 7:06 am

    kata siapa mata fk unpad gak ada beasiswa dari PT. Cendo nya..!!!

  20. 21 dr.Andre
    Juni 17, 2014 pukul 11:44 am

    Apa ada info terbaru (2012/2013/2014) tentang PPDS MATA UNPAD/UI/UNBRAW, mengenai syarat2 dan biaya2 nya? BTK TS.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: